Sabtu, 09 Februari 2013

Hanbok

Annyeong..... ^^ kali ini saya akan membagikan info tentang baju khas korea, ya Hanbok. check this out !!

Hanbok adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Pada umumnya Hanbok memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Sejak Korea memiliki bahan melimpah untuk membuat pewarna, warna tersebut disajikan melalui Hanbok. Warna hidup tentang Hanbok memainkan peranan penting untuk mengekspresikan keindahan Hanbok dengan gaya yang relatif sederhana.
gambar 1

gambar 2


Walaupun secara harfiah berarti "pakaian orang Korea", hanbok pada saat ini mengacu pada "pakaian gaya Dinasti Joseon" yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional. Pada saat ini masyarakat korea memakai Hanbok biasanya di acara-acara khusus seperti pernikahan dan hari libur tradisional.

Pada pakaian Hanbok terdiri dari tiga elemen dasar yaitu :
1.      Jeogori (baju)
2.      baji (celana)
3.      chima (rok)
Bagian-bagian dasar ini pada mulanya sudah dipakai sejak lama namun seiring pergantian masa kerajaan pada masa itu Hanbok mulai berkembang menjadi seperti sekarang ini. Istilah Hanbok itu sendiri berasal dari kata Han dan Bok. Han adalah sebutan untuk orang Korea: orang Han, sedangkan bok adalah pakaian. Jadi, saat kita menyebut Hanbok sebenarnya kita menyebut "pakaian orang Han".



Aksesoris
Pada bagian kepala baik pria maupun wanita memelihara rambut mereka menjadi panjang. Pada saat mereka menikah, mereka mengkonde rambutnya.
1.      Aksesoris Pria
Pada Pria mengkonde (mengikat) rambutnya sampai atas kepala (sangtu). Pria menggunakan gat, yaitu topi yang dianyam dari rambut kuda, yang juga bervariasi model dan bentuknya sesuai status atau kelas.

2.      Aksesoris Wanita
Pada wanita mengkonde sampai batas di belakang kepala atau di atas leher belakang.
Tusuk konde binyeo, ditusukkan melewati konde rambut sebagai pengencang atau aksesori. Bahan pembuatan dan bentuk kepala pada binyeo bervariasi sesuai kedudukan sosial pemakainya.
 
 Norigae

Norigae merupakan salah satu ornamen pribadi, yang dipakai di string-mantel dalam atau luar atau di pinggang Chima (rok). Emas, perak, permata, atau sulam telah sering digunakan sebagai bahan nya.


jobawi

Wanita juga mengenakan jokduri pada hari pernikahan mereka dan memakai ayam (Jobawi) untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin.




*gambar 1 oleh Shinee
*gambar 2 oleh SNSD
*segala sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Menarik Lainnya :)