Kamis, 27 Desember 2012

Tugas Analisa Program Bisnis

Association rule mining adalah suatu prosedur untuk mencari hubungan antar item dalam suatu data set yang ditentukan.

Data mining adalah suatu proses untuk menemukan suatu interesting knowladge dari sejumlah data yang ada dalam database sehingga didapatkan suatu pattern tertentu yang dapat disimpan sebagai knowladge baru. Interesting knowladge ini biasanya dikenal dengan istilah pattern (pola).

Bentuk Dasar Association Rule

Ada beberapa simbol yang akan membantu untuk menerapkan association rule, yaitu:

Association rule: implikasi yang dimisalkan dengan bentuk X  Y, dimana X danY saling disjoin (X Y)

Support count(σ(X)): jumlah transaksi yang memuat itemset tertentu

Support (s(X->Y)): tingkat intensitas kemunculan gabungan rule(X U Y) pada association rule pada seluruh data set.

Confidence(c(X->Y)): tingkat intensitas kemunculan item Y pada transaksi yang memuat X
Rumus support dan confidence:


Kegunaan dari support itu sendiri adalah untuk mengukur tingkat intensitas kemunculan suatu rule, dimana jika support yang dimiliki rendah, maka akan besar kemungkinan rendah juga tingkat keuntungan yang didapatkan dari item-item yang ada pada rule tersebut.

Sedangkan kegunaan dari confidence adalah untuk mengukur tingkat kebenaran(reability) dari kesimpulan yang diambil oleh rule yang dibuat. Pada implikasi X->Y, jika nilai confidence rendah maka kemungkinan munculnya Y yang memuat X semakin rendah pula.

Misalkan kita ambil contoh pada sebuah minimarket menjual beberapa macam barang(item) sebagai berikut:


Kemudian, pisahkan masing-masing item yang dibeli :


Untuk K1 maka diperoleh:


Untuk K2 :


Untuk K2 diambil yang jumlah frekuensinya 4:


Untuk K3, K3 didapat dari jumlah frekuensi K2 yang jumlah frekuensinya 5 yaitu (corn,bean), (Asparagush,bean) sehingga didapat:


Support dan Confident:

Semoga bermanfaat :)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Menarik Lainnya :)