Menganalisa web Tokobagus.com
tokobagus.com
Salah
satu website berbasis E-commerce di Indonesia yang sangat menarik menurut saya
dan yang akan saya bahas adalah tokobagus.com. Tokobagus merupakan salah satu
situs penyedia layanan jual dan beli, yang menggunakan media jual beli online
GRATIS, artinya setiap individu maupun perusahaan bisa mendaftar sebagai member
di Tokobagus dan mulai menjual barang dan jasa secara online, 24 jam sehari.
A. Konsep: Interaction
Tokobagus.com
merupakan interaksi pertukaran informasi atau data antar pelaku bisnis dengan
meminimalisasikan human error(electronic data interchange).
B. Model: Consumer-to-Consumer (C2C)
Ini
adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Suatu
perusahaan yang memfasilitasikan atau memberikan wadah kepada konsumer agar
bisa menjual atau membeli dari konsumer lain melalui internet.
C. Strategi:
Mereka
mempertemukan pengguna dan pembeli di situs ini. Para pengguna dapat memposting
iklan mereka secara gratis dan pembeli yang tertarik dapat langsung menghubungi
penjual. Tidak hanya barang baru, banyak barang bekas ditawarkan oleh pengguna
situs ini.
Perusahaan
yang ditinggal pendirinya pada Agustus 2012 lalu ini dan tumbuh menjadi besar
pada tahun 2012 dan menyabet sejumlah penghargaan situs jual beli online dalam
berbagai kategori. Pada saat berita ini ditulis, Toko Bagus mempublikasikan
iklan aktif sebanyak 1.436.476.
D. Kekurangan dan Kelebihan
1.
Kekurangan
- penggunaan bahasa hanya untuk user yang
bisa berbahasa Indonesia, sehingga bagi orang asing yang ingin mengunjungi atau
melakukan transaksi sangat sulit.
- Tidak terlihat adanya aktivitas jual
beli atau diskusi antara penjual dan pembeli.
2. Kelebihan
- Penempatan terstruktur
- Ada fitur “Verified Member” dimana kita
bisa lebih meyakinkan pembeli bahwa kita adalah penjual yang sudah termasuk
verified member.
- Simple & efisien
juniter17.blogspot.com
blog.ub.ac.id/widusa/2012/06/25/analisa-website-e-commerce-tokobagus-com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar