Kamis, 11 Juli 2013

Analisa web tokobagus.com

Menganalisa web Tokobagus.com

tokobagus.com



Salah satu website berbasis E-commerce di Indonesia yang sangat menarik menurut saya dan yang akan saya bahas adalah tokobagus.com. Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli, yang menggunakan media jual beli online GRATIS, artinya setiap individu maupun perusahaan bisa mendaftar sebagai member di Tokobagus dan mulai menjual barang dan jasa secara online, 24 jam sehari.

A. Konsep: Interaction
Tokobagus.com merupakan interaksi pertukaran informasi atau data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error(electronic data interchange).

B. Model: Consumer-to-Consumer (C2C)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Suatu perusahaan yang memfasilitasikan atau memberikan wadah kepada konsumer agar bisa menjual atau membeli dari konsumer lain melalui internet.

C. Strategi:
Mereka mempertemukan pengguna dan pembeli di situs ini. Para pengguna dapat memposting iklan mereka secara gratis dan pembeli yang tertarik dapat langsung menghubungi penjual. Tidak hanya barang baru, banyak barang bekas ditawarkan oleh pengguna situs ini.
Perusahaan yang ditinggal pendirinya pada Agustus 2012 lalu ini dan tumbuh menjadi besar pada tahun 2012 dan menyabet sejumlah penghargaan situs jual beli online dalam berbagai kategori. Pada saat berita ini ditulis, Toko Bagus mempublikasikan iklan aktif sebanyak 1.436.476.

D. Kekurangan dan Kelebihan
1. Kekurangan
-       penggunaan bahasa hanya untuk user yang bisa berbahasa Indonesia, sehingga bagi orang asing yang ingin mengunjungi atau melakukan transaksi  sangat sulit.
-       Tidak terlihat adanya aktivitas jual beli atau diskusi antara penjual dan pembeli.

2. Kelebihan
-       Penempatan terstruktur
-       Ada fitur “Verified Member” dimana kita bisa lebih meyakinkan pembeli bahwa kita adalah penjual yang sudah termasuk verified member.
-       Simple & efisien










Referensi:
kucing-berkacamata.blogspot.com/2013/07/menganalisa-web-tokobagus.html
juniter17.blogspot.com
blog.ub.ac.id/widusa/2012/06/25/analisa-website-e-commerce-tokobagus-com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Menarik Lainnya :)